Betapa Sesuainya Percepatan Gravitasi di Bumi Untuk Kehidupan

Besar percepatan gravitasi di permukaan Bumi adalah sekitar 9,8 m/s². Besar percepatan gravitasi ini ditentukan oleh beberapa karakteristik planet Bumi seperti massa jenis, volume, dan lain sebagainya. Planet-planet lain memiliki percepatan gravitasi yang berbeda dengan Bumi, ada yang lebih kecil dan ada yang lebih besar. Mars misalnya, memiliki percepatan gravitasi sebesar 3,7 m/s² di permukaannya. Sedangkan percepatan gravitasi di planet terbesar di Tata Surya, Yupiter, adalah 24,8 m/s².

Jika kita renungkan, besar percepatan gravitasi di Bumi sangatlah sesuai untuk berbagai aktivitas kehidupan. Dalam bermain sepak bola, misalnya,  Pertandingan menjadi tidak menarik bila dilangsungkan di Mars karena bola bergerak lamban dan bila ditendang sedikit saja sudah melambung jauh. Sebaliknya jika pertandingan dilangsungkan di Yupiter, bola akan terasa berat dan sulit ditendang jauh. Demikian juga dengan aktivitas lain berjalan, berlari, dan lain sebagainya. Aktivitas-aktivitas ini akan sulit dilakukan jika besar percepatan gravitasi tidak seperti yang kita alami sekarang.


Penyelidikan lebih lanjut menunjukkan kepada kita arti penting lain dari besar percepatan gravitasi ini. Percepatan gravitasi yang lebih kecil akan membuat bumi lemah untuk menahan atmosfer. Atmosfer akan menjadi tipis dan kehidupan tidak akan berlangsung dalam kondisi seperti ini. Sebaliknya, percepatan gravitasi yang terlalu besar akan membuat atmosfer bumi menahan terlalu banyak gas-gas beracun seperti amoniak dan metana. Dalam kondisi seperti ini, kehidupan juga tidak akan dapat berlangsung.

Jelas bahwa besar percepatan gravitasi di Bumi merupakan hasil sebuah rancangan yang bukan hasil dari nilai sembarang yang terjadi secara kebetulan.

Semoga bermanfaat
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Banyak Para Akhli bertanya: “Bagaimana Jika Gaya Gravitasi Bumi Menghilang”?
    Menurut Mandalajati Niskala: “Pasti semua orang DENGAN MUDAH SEKALI dapat membayangkan sebuah keadaan yang akan terjadi jika Bumi kehilangan Gaya Gravitasi”.

    Menurut Mandalajati Niskala jika ada pertanyaan seperti itu, SEBENARNYA KURANG MENARIK.
    Mungkin tiga pertanyaan dari Mandalajati Niskala di bawah ini cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
    1) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    2) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    3) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?
    Pernyataan yang paling menarik dari Mandalajati Niskala sbb:
    1) Matahari tidak memiliki Gravitasi tapi memiliki ANTI GRAVITASI.
    2) Suhu di Inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN, padahal kata Para Akhli di seluruh Dunia suhu Inti Matahari LIMA BELAS JUTA DERAJAT CELCIUS.

    Saya mendapat penjelasan dari Mandalajati Niskala, namun tentu tidak akan saya jelaskan kembali disini.
    Yang pasti Filsuf Sunda Mandalajati Niskala memiliki semua jawaban tersebut secara tuntas.
    Selamat berfikir

    BalasHapus